nusakini.com--​"Warga negara Indonesia saat ini sudah dapat menikmati fasilitas e-visa ke Azerbaijan." Demikian disampaikan oleh Dubes RI untuk Azerbaijan, Dr. Husnan Bey Fananie, MA. Menurut beliau, masuknya Indonesia ke dalam daftar negara pengguna fasilitas e-visa ini merupakan bukti upaya kedua negara untuk meningkatkan people to people contact. 

Dubes RI menambahkan bahwa pembahasan pemberian fasilitas kemudahan visa untuk warga negara Indonesia selalu muncul dalam setiap pertemuan pejabat tinggi antara kedua negara pada tahun 2016 dan akhirnya direalisasikan pada Januari 2017. 

Bagi Azerbaijan sendiri, pemberian fasilitas ini merupakan bagian dari 'Strategic Road Map on development of tourism in Azerbaijan' yang disahkan oleh Presiden Aliyev pada bulan Desember 2016. 

Saat ini, dengan mulai beroperasinya portal e-visa, warga negara Indonesia dapat melakukan aplikasi visa melalui www.evisa.gov.az. Beroperasinya portal ini, pada Januari 2016 memberikan kepastian pengurusan visa tidak lebih dari 3 hari dari sejak dimasukkannya semua persyaratan visa WNI ke portal e-visa. 

Pengurusan e-visa melalui portal ini dinilai lebih efisien dan praktis dibandingkan pengurusan e-visa sebelumnya yang mengharuskan pengurusan melalui beberapa travel yang ditentukan oleh pemerintah Azerbaijan. E-visa kali ini juga lebih ekonomis karena hanya memungut biaya sebesar 23 USD dari sebelumnya yang berkisar 40 USD bagi WNI. Pembayaran pun saat ini bisa dilakukan secara praktis dengan kartu visa atau mastercard 

Indonesia dan Azerbaijan telah mulai menggiatkan dan mendiversifikasikan kerjasamanya di segala bidang. Kerjasama Indonesia dengan negara kaya minyak di kawasan Kaukasia ini pada awalnya lebih difokuskan pada sektor perminyakan. Namun pada tahun terakhir ini, beberapa kerjasama di bidang pariwisata dan ekonomi lainnya telah mulai dirintis. Demikian pula, di bidang sosial budaya, Azerbaijan dan Indonesia sebagai negara mayoritas Muslim moderat telah mulai membangun kerjasama mengenai konsep multikulturalisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (p/ab)

 ​